Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi politik yang
digunakan oleh calon anggota legislatif Perempuan dari partai Nasdem di daerah
pemilihan VI Kabupaten Deli Serdang pada pemilu 2024. Untuk menjawab
rumusan masalah Bagaimana strategi komunikasi politik yang digunakan caleg
perempuan dalam kampanye politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan Teknik wawancara kepada informan,
yaitu caleg perempuan. Adapun hasil penelitian strategi yang digunakan melalui
program Adminduk, pengobatan katarak gratis, sunat massal untuk anak yang
berlibur sekolah, dan pembagian masker gratis, mengungkapkan sejumlah unsurunsur komunikasi politik caleg perempuan dalam memperoleh dukungan publik.
Pertama, caleg perempuan bersama dengan timnya bertindak sebagai komunikator
yang menyampaikan pesan politik selama berlangsungnya kampanye pemilihan
umum tahun 2024. Kedua, pesan politik yang disampaikan berhubungan dengan
peningkatan kesetaraan gender di dalam dunia politik juga berfokus dalam
komunitas perempuan seperti ibu-ibu rumah tangga dan pengajian dalam program
kesehatan, dan sosial. Ketiga, media dan saluran yang digunakan, selain
komunikasi personal dan juga kelompok kampanye politik menggunakan media
berbasis online seperti facebook, Instagram, tik tok. Media yang digunakan
terbilang cukup luas dengan penggunaan berbagai sosial media untuk
mengkampanyekan pesan politiknya. Keempat, target dan sasaran lebih
mendominan kepada perempuan, caleg juga memasarkan kampanye politiknya di
saluran media yang dapat dicakup banyak orang seperti pelajar dan orang-orang
pada umumnya. Kelima, umpan balik yang diharapkan oleh caleg perempuan
setelah melakukan kampanye didalam masyarakat adalah dukungan melalui hak
suara dan tanggapan aktif terhadap inisiatif yang telah diperkenalkan.