Research Repository

PENERAPAN MODEL SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD BUDI MULIA

Show simple item record

dc.contributor.author IKKA, NURSABANA
dc.date.accessioned 2024-07-15T04:05:34Z
dc.date.available 2024-07-15T04:05:34Z
dc.date.issued 2024-05-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24844
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model scramble pada mata pelajaran IPS. Jenisl penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Budi Mulia yang terdiri 24 siswa. Pengumpulanl data penelitianl ini adalahl lembar lobservasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I menunjukkan bahwa keaktifan siswa mendapatkan nilai tertinggi 20,8% (5 siswa), nilai sedang 37,5% (9 siswa) dan nilai terendah 41,7% (10 siswa) dengan ketuntasan 58,33% (14 siswa) diperoleh rata-rata 59,83 sedangkan pada siklus II hasil keaktifan siswa mendapatkan nilai tertinggi 62,5% (15 siswa) dan nilai sedang 37,5% (9 siswa) dengan ketuntasan 100% (24 siswa) diperoleh rata-rata 77,03. Sehingga mengalami peningkatan diperoleh persentase sebesar 41,67% (10 siswa). Maka dapatl disimpulkan bahwal penerapan modell scramble dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas Vl SD Budi Mulia. en_US
dc.subject Model Scramble en_US
dc.subject Keaktifan Belajar Siswa en_US
dc.subject IPS en_US
dc.title PENERAPAN MODEL SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD BUDI MULIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account