Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui
model scramble pada mata pelajaran IPS. Jenisl penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus
meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VA SD Budi Mulia yang terdiri 24 siswa. Pengumpulanl data
penelitianl ini adalahl lembar lobservasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I menunjukkan
bahwa keaktifan siswa mendapatkan nilai tertinggi 20,8% (5 siswa), nilai sedang
37,5% (9 siswa) dan nilai terendah 41,7% (10 siswa) dengan ketuntasan 58,33%
(14 siswa) diperoleh rata-rata 59,83 sedangkan pada siklus II hasil keaktifan siswa
mendapatkan nilai tertinggi 62,5% (15 siswa) dan nilai sedang 37,5% (9 siswa)
dengan ketuntasan 100% (24 siswa) diperoleh rata-rata 77,03. Sehingga
mengalami peningkatan diperoleh persentase sebesar 41,67% (10 siswa). Maka
dapatl disimpulkan bahwal penerapan modell scramble dapat meningkatkan
keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas Vl SD Budi Mulia.