Research Repository

ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE PADA IKLAN DANCOW INDONESIA “BUNDAKU BEDA, TAPI #CINTABUNDASEMPURNA”

Show simple item record

dc.contributor.author IMAM, MAULANA
dc.date.accessioned 2024-07-15T01:30:53Z
dc.date.available 2024-07-15T01:30:53Z
dc.date.issued 2024-05-08
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24827
dc.description.abstract Semiotika adalah ilmu yang mengkaji tanda-tanda, simbol, dan sistem makna dengan tujuan memahami bagaimana tanda-tanda tersebut dipakai untuk menyampaikan makna dalam konteks komunikasi dan budaya Saat ini, iklan tidak hanya memiliki aspek positif dari produk yang dipromosikan, tetapi juga menyampaikan pesan atau tanda-tanda tertentu. Salah satu iklan tersebut adalah iklan "Bundaku beda, tapi #CintaBundaSempurna”. Salah satu iklan dari Dancow dengan memakai tagline “Cinta Bunda Sempurna” menampilkan figure seorang ibu dengan keterbatasan fisik yang dimana kehilangan kemampuan unutk melihat atau tuna netra. Tujuan dari penelitian ini adalah menyampaikan kepada penonton mengenai tanda dalam iklan Dancow Indonesia “Bundaku beda, tapi #CintaBundaSempurna”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. analisis yang digunakan adalah analisis semiotika dengan model Ferdinand De Saussure dan menggunakan metode penanda (signifier) dan petanda (signified) dengan meneliti dialog dan adegan dalam iklan. Hasil yang ditemukan peneliti dalam iklan Dancow “Bundaku beda, tapi #CintaBundaSempurna” betapa pentingnya sosok ibu dalam membersarkan anak tidak terlepas dari keterbatasan yang dimiliki ibu. en_US
dc.subject Semiotika en_US
dc.subject AIDDA en_US
dc.subject Iklan Dancow “Bundaku Beda, Tapi #CintaBundaSempurna en_US
dc.title ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE PADA IKLAN DANCOW INDONESIA “BUNDAKU BEDA, TAPI #CINTABUNDASEMPURNA” en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account