Abstract:
Semiotika adalah ilmu yang mengkaji tanda-tanda, simbol, dan sistem makna
dengan tujuan memahami bagaimana tanda-tanda tersebut dipakai untuk
menyampaikan makna dalam konteks komunikasi dan budaya Saat ini, iklan tidak
hanya memiliki aspek positif dari produk yang dipromosikan, tetapi juga
menyampaikan pesan atau tanda-tanda tertentu. Salah satu iklan tersebut adalah
iklan "Bundaku beda, tapi #CintaBundaSempurna”. Salah satu iklan dari Dancow
dengan memakai tagline “Cinta Bunda Sempurna” menampilkan figure seorang ibu
dengan keterbatasan fisik yang dimana kehilangan kemampuan unutk melihat atau
tuna netra. Tujuan dari penelitian ini adalah menyampaikan kepada penonton
mengenai tanda dalam iklan Dancow Indonesia “Bundaku beda, tapi
#CintaBundaSempurna”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. analisis
yang digunakan adalah analisis semiotika dengan model Ferdinand De Saussure
dan menggunakan metode penanda (signifier) dan petanda (signified) dengan
meneliti dialog dan adegan dalam iklan. Hasil yang ditemukan peneliti dalam iklan
Dancow “Bundaku beda, tapi #CintaBundaSempurna” betapa pentingnya sosok ibu
dalam membersarkan anak tidak terlepas dari keterbatasan yang dimiliki ibu.