dc.contributor.author | Sitinjak, Irandi | |
dc.date.accessioned | 2024-07-13T10:05:06Z | |
dc.date.available | 2024-07-13T10:05:06Z | |
dc.date.issued | 2024-05-06 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24823 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Muhammadiyah 11 Medan dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus. Dengan subjek penelitian siswa kelas IV B SD Muhammadiyah 11 Medan yang berjumlah 19 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik perhitungan analisis lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar matematika dengan menerapkan model Project Based Learning. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil perolehan data dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I terdapat sebanyak 26 siswa yang aktif dengan klasikal 69% sedangkan terdapat sebanyak 9 siswa dengan klasikal 74% yang masih kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 31 siswa yang aktif dengan klasikal 89% dan terdapat sebanyak 4 siswa yang kurang aktif dengan klasikal 11%. Karena secara klasikal telah mencapai 89% siswa yang aktif maka penelitian ini dikatakan berhasil. | en_US |
dc.publisher | UMSU | en_US |
dc.subject | Model Project Based Learning | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar Matematika | en_US |
dc.title | Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 11 Medan | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |