Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar matematika siswa kelas
IV SD Muhammadiyah 11 Medan dengan menerapkan model pembelajaran
Project Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus. Dengan subjek
penelitian siswa kelas IV B SD Muhammadiyah 11 Medan yang berjumlah 19
siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan pada
penelitian ini adalah lembar soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
teknik perhitungan analisis lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar matematika dengan menerapkan
model Project Based Learning. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari
hasil perolehan data dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I terdapat sebanyak
26 siswa yang aktif dengan klasikal 69% sedangkan terdapat sebanyak 9 siswa
dengan klasikal 74% yang masih kurang aktif dalam pembelajaran matematika.
Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 31 siswa yang aktif dengan
klasikal 89% dan terdapat sebanyak 4 siswa yang kurang aktif dengan klasikal
11%. Karena secara klasikal telah mencapai 89% siswa yang aktif maka penelitian
ini dikatakan berhasil.