Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X
AP SMK Swasta PAB 8 Sampali Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Questuin Student
Have Dengan Menggunakan Media Modul terhadap hasil belajar Akuntansi siswa
pada pokok bahasan Buku Besar Perusahaan Jasa kelas X AP SMK Swasta PAB 8
Sampali Tahun Pembelajaran 2016/2017. Yang menjadi populasi dalam penelitian
ini yakni 3 kelas yang berjumlah 81 orang dengan tekhnik pengambulan sampel
yang di gunakan adalah purposive sampling sehingga yang menjadi sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP-2 instrumen yang di gunakan dalam
penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk essay test yang berjumlah 10 soal yang
sudah di validkan. Tekhnik analisis yang di gunakan dalam penelitian yaitu
analisis statistik inferensial yang menggunakan parametris yang terdiri dari
menghitung rata – rata dan standart deviasi, uji normalitas, uji hompgenitas, dan
uji hipotesis. Dari hasil analisis data pre test di peroleh nilai rata – rata 58,57
dengan standart deviasi 570,823. Sedangkan nilai pos test di peroleh nilai rata –
rata 81,71 dengan standart deviasi 17,40 dan dalam uji hipotesis menunjukkan
bahwa thitung = 5,380 dan bila di konsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf
signifikansi 0,05, dengan dk = N – 1 = 34 maka ttabel = 1,691. Dengan
membandingkan antara thitung dengan ttabel maka di peroleh ( 5,380 > 1,691 ),
sehingga Ho di tolak dan Ha diterima. Sehingga kesimpulannya adalah “ Ada
Pengaruh Strategi Pembelajaran Question Student Have Dengan Menggunakan
Media Modul terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Swasta PAB
8 Sampali Tahun Pembelajaran 2016/2017