Abstract:
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui Pemahaman Etika Bisnis Islam
Pada Butik Muslimah Zona Hijab Aceh Tamiang, 2) untuk mengetahui Implementasi
Etika Bisnis Islam Pada Butik Muslimah Zona Hijab Aceh Tamiang, 3) Untuk
mengetahui Upaya Peningkatan Penjualan Pada Butik Muslimah Zona Hijab Aceh
Tamiang. Penelitian ini menggunakan teori Implementasi Kebijakan. Jenis penelitian
ini adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian kualitatif ini metode yang biasa
digunakan adalah wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan
di Toko zona Hijab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan etika bisnis
Islam tersebut juga harus mampu dilaksanakan dalam setiap aspek perekonomian
termasuk dalam penyelenggaraan produksi, konsumsi maupun distribusi.
Implementasi etika bisnis Islam pada toko Zona Hijab sudah menerapkan nilai-nilai
Islam meskipun tidak sesempurna dengan cara berdagang seperti berdagang dalam
Islam. Terbukti dari hasil wawancara yang dilakukan dapat diketahui, bahwa produk
yang ada di toko zona hijab sangat menjaga kualitas untuk menjaga kepercayaan
pelanggannya dan melayani pelanggannya dengan baik dan ramah hal ini dilakukan
agar para konsumennya merasa senang dan puas atas pelayanan yang
diberikan.Upaya peningkatan penjualan pada toko Zona hijab dengan promosi dan
kualitas layanan mempengaruhi konsumen agar mereka mengetahui dan mengenal
produk yang ada di toko zona hijab dan kemudian mereka tertarik ingin mencoba lalu
membeli produk tersebut serta layanan dengan spesifikasi kebutuhan pelanggan.
Toko zona hijab sudah dipercaya oleh para konsumen atau pelanggan sehingga para
konsumen atau pelanggan merasa puas atas apa yang sudah ditawarkan oleh toko
zona hijab.