Abstract:
Tujuan mengetahui Efektivitas Kinerja Pengawas Sekolah Di SD Negeri
104241 Syahmad Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian
adalah deskripsi kualitatif dimana penelitian dilaksanakan diSD Negeri
104241 syahmad lubuk pakam kabupaten deli serdang dengan menggunakan
tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara dan observasi. Tekhnik
pengumpulan data adalah penyajian data, reduksi data dan kesimpulan. Hasil
penelitian adalah Kinerja pengawas sebagai advising di SD Negeri 104241
Syahmad Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang adalah memberikan
Bimbingan akademik yaitu merencanakan dan menyusun program
semesteran, membuat program satuan pelajaran, mendiskusikan serta
mengorganisasikan aktifitas dan pengelolaan kelas, menentukan/
menyiapkan bahan, b. Bimbingan non akademik memberikan solusi kepada
guru untuk menyelesaikan kesulitan dikelas, maupun terhadap murid,
permasalahan understimated pada murid, malas belajar dan masuk sekolah,
serta anak-anak yang bermasalah dikelas. Kinerja pengawas sebagai
monitoring di SD Negeri 104241 Syahmad Lubuk Pakam Kabupaten Deli
Serdang dengan teknik classroom visitation (kunjungan kelas) dan
(observation visit) observasi visit. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan
beberapa hal yang menjadi penghambat atau kajian untuk perkembangan
kearah yang lebih baik. peran pengawas dalam Kinerja pengawas sebagai
reporting Di SDN 104241 Syahmad Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang
adanya kemampuan mengelolah kelas dalam mengajar serta kemampuan
konseptual dengan begitu pengawas mengoptimalkan peran serta pengawas
dalam proses pengontrolan serta pengawasan. Sebagai salah satu tahapan
dalam manajemen, pengawasan akan sangat mempengaruhi kualitas
pelaksanaan dari manajemen tersebut terutama manajemen dalam materi.
dibantu atau di-support oleh pihak pengelola sekolah staf dan juga kepala
sekola Efektivitas Peran pengawas dalam mengembangkan kemampuan dan
kinerja guru merupakan tugas yang paling utama dalam proses pengawasan.
Pertama, Pengawas sebagai advising meliputi, pengawas kepala sekolah
sebagai monitoring meliputi Penataran/Pelatihan, mengadakan diskusi
keompok, Dan penataran dan pelatihan, ketiga pengawas sebagai reporting
meliputi Hal ini berkaitan dengan kemampuan konseptual pengawas dan
pengembangan program pembelajaran.