Abstract:
Tujuan Penelitian ini yaitu untuk : (1) Agar mengetahui bagaimana pengembangan
media pembelajaran Fun Box pada materi kedudukan bumi dalam tata surya. (2)
Agar mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran Fun Box pada materi
kedudukan bumi dalam tata surya. (3) Agar mengetahui tingkat kepraktisan media
pembelajaran Fun Box pada materi kedudukan bumi dalam tata surya. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitan Research and Development
(R&D) yakni penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang diadopsi
pada penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE yang terdapat 5 tahapan
yakni ; (1) Tahap Analisis (Analysis), (2) Tahap Desain (Design), (3) Tahap
pengembangan (Development), (4) Tahap Implementasi (Implementation), (5)
Tahap Evaluasi (Evaluation). Hasil dalam penelitian ini menghasilkan media
pembelajaran Fun Box dalam kedudukan bumi pada tata surya. Berdasarkan hasil
validasi terhadap media pembelajaran rata-rata hasil validasi media yaitu 97,14%,
hasil validasi materi rata-rata 96,36% dan hasil validasi bahasa rata-rata 91,42%,
artinya bahwa media pembelajaran Fun Box pada materi kedudukan bumi dalam
tata surya termasuk dalam kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan terhadap media
pembelajaran pada respon guru diperoleh rata-rata 92,5% dan untuk respon siswa
diperoleh rata-rata 96,47% artinya media pembelajaran Fun Box termasuk dalam
kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan
bahwa media pembelajaran Fun Box pada materi kedudukan bumi dalam tata surya
kelas V SDN 104192 Tandem Hilir II dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.