Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kewirausahaan kepala
sekolah dalam mengembangkan sekolah di SMK Kesehatan Haji Sumatera Utara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data di
lakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data (data
collection), reduksi data (data reduction) dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kepala sekolah SMK Kesehatan Haji Sumatera
Utara memiliki kompetensi kepemimpinan kewirausahan dalam menjalankan
tugasnya yakni memimpin dengan karakteristik seorang wirausaha, berani dalam
mengambil keputusan, memiliki tim kerja, menerima gagasan dan pendapat, berani
menganbil dan menilai resiko, memiliki mitra kerja, pemikiran yang terbuka dan
rasa kepercayaan diri yang tinggi. 2) Kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah
mampu mengembangkan sekolah pada aspek lulusan yakni membuat guru
pendamping akademik untuk membantu siswa yang ingin bekerja, melanjut
keperguruan tinggi dan berwirausaha, 3) Kepemimpinan kewirausahaan kepala
sekolah mampu mengembangkan sekolah pada aspek kurikulum yakni sekolah
membuat Sembilan Aspek Kurikulum Unggulan (SAKU) sebagai pedoman untuk
menjalankan kegiatan pembelajaran 4) Kepemimpinan kewirausahaan kepala
sekolah mampu mengembangkan sekolah pada aspek sarana dan prasarana yakni
dengan memanfaatkan teknologi untuk melakukan efisiensi dan mengembangkan
produk-produk kreatif dengan memanfaatkan seluruh potensi dan aset yang ada, 5)
Kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah mampu mengembangkan sekolah
pada aspek membangun kemitraan yakni kepala sekolah menjalin Kerjasama
dengan berbagai instansi pemerintahan dan swasta untuk memajukan sekolah dan
menjalin kerjasama untuk siswa yang ingin bekerja ke jepang.