Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis faktor internal dan eksternal yang dapat mengembangan usaha Bibit
Durian Musang king dan untuk menganalisis strategi yang terbaik dalam strategi
pengembangan usaha Bibit Durian Musang King . Penelitian ini dilakukan di Desa
telaga sari Kecamatan Tanjung Morawa. Metode analisis data yang digunakan
adalah analisis SWOT. Hasil dari penelitian menunjukan faktor internal dan eksternal
Analisis Kelayakan Dan Strategi Pemasaran Bibit Tanaman Durian Musang King (Durio
Zibethinus) Di P4s Tanjung Morawa yaitu kekuatan (strengths)Sruktur permodalan,
pelayanan, Kualitas Bibit Buah. Kelemahan (weakness) Promosi Produk, Hubungan
kerjasama, Sarana angkutan. Peluang (opportunities) Segmen pasar, Pemilihan
pelanggan, Birokrasi Pemerintah. Ancaman (threats) Jumlah Pelanggan,Jumlah
pesaing, Sumbtitusi produk. Berdasarkan analisis SWOT strategi yang dilakukan
menggunakan strategi S-O (Strength-Opertunity) yaitu memanfaatkan pelayanan
yang baik dan memuaskan serta memiiki bibit yang berkualitas sehingga
mendapatkan daya tarik konsumen dan meningkatkan modal usaha untuk
mendapatkan dukungan dari birokrasi pemerintah.