Research Repository

Pengaruh Social Media Marketing, Influencer Review, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi TikTok Shop (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)

Show simple item record

dc.contributor.author Ashari, Suci
dc.date.accessioned 2024-07-12T13:23:02Z
dc.date.available 2024-07-12T13:23:02Z
dc.date.issued 2024-04-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24783
dc.description.abstract Menurut masyarakat, saat ini teknologi merupakan kebutuhan sekunder yang wajib dimiliki. Kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi produk yang ingin dimiliki didapat dari perkembangan teknologi saat ini. Teknologi saat ini memiliki media sosial untuk memudahkan akses komunikasi antar masyarakat. Kemudian hal ini dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memunculkan minat calon pembeli dengan memanfaatkan media sosial sebagai salah satu bagian dari digital marketing, strategi ini disebut sebagai social media marketing (SMM). Saat ini aplikasi belanja online yang sering menjadi pemberitaan dimedia massa adalah aplikasi TikTok shop. Hal ini dapat dibuktikan bahwa TikTok menjadi aplikasi yang sering di-download di Indonesia menurut Data Reportal. Algoritma aplikasi TikTok yang berbeda dari aplikasi yang lainnya sehingga memudahkan masyarakat untuk viral dan dikenali oleh banyak orang. Zaman ini aplikasi TikTok memiliki caranya tersendiri untuk memasarkan produk, dengan munculnya influencer sebagai seseorang yang dapat memberikan pengaruh kepada orang lain maka produk tersebut bisa dengan cepat diketahui masyarakat. Untuk menjadi perusahaan yang dapat dikenal masyarakat luas, sebuah perusahaan harus mempunyai brand image atau citra merek yang bagus dikalangan msyarakat, sehingga calon konsumen dapat dengan mudah mengingat produk apa saja yang dikeluarkan brand tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan 100 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang dianalisis menggunakan aplikasi Smart PLS. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa social media marketing berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, variabel influencer marketing juga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk dan variabel brand image berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Social Media Marketing en_US
dc.subject Brand Image en_US
dc.subject Influencer Marketing en_US
dc.subject Keputusan Pembelian en_US
dc.subject Aplikasi TikTok en_US
dc.title Pengaruh Social Media Marketing, Influencer Review, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi TikTok Shop (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account