Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Pemanfaatan aplikasi
classdojo pada mata pelajaran pendidikan agama islam di MTs Nurul Afifah Aceh
Tenggara. (2) Hambatan yang terjadi dalam pemanfaatan aplikasi classdojo pada
mata pelajaran pendidikan agama islam di MTs Nurul Afifah Aceh Tenggara .(3)
Solusi yang di lakukan untuk mengatasi hambatan dalam pemanfaatan aplikasi
classdojo pada mata pelajaran pendidikan agama islam di MTs Nurul Afifah Aceh
Tenggara. Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Afifah Aceh Tenggara pada
bulan September-Agustus 2023.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang mendeksripsikan mengenai
pemanfaatan aplikasi classdojo pada mata pelajaran pendidikan agama islam di
MTs Nurul Afifah Aceh Tenggara.Data penelitian di proleh melalui wawancara
bersama guru pelajaran pendidikan agama islam yang menjadi sumber utama
dalam penelitian ini, kemudian wawancara bersama wali kelas dan dua orang wali
murid, observasi berupa observasi partisipatif serta dokumentasi sebagai data
pendukung penelitian. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah
memanfaatkan classdojo sebagai aplikas atau media pembelajaran dalam mata
pelajaran agama islam dengan manfaatkan berbagai fitur-fitur yang tersedia di
aplikasi classdojo.Kemudian dalam pemanfaatan aplikasi classdojo pada mata
pelajaran pendidikan agama islam terjadi beberapa hambatan yaitu gangguan
sinyal,memori HP penuh, fasilitas pendukung dalam pemanfaatan aplikasi
classdojo. Pada penelitian inimendeskripsikan solusi yang dilakukan untuk
mengatasi hambatan yang telah terjadi dalam pemanfaatan aplikasi classdojo pada
mata pelajaran pendidikan agama islam.