Abstract:
Melonjaknya produk impor khususnya
buah-buahan masuk ke Indonesia merupakan salah satu dampak dari globalisasi
yang menimbulkan pasar bebas. Hal ini penjualan produk buah lokal telah banyak
mengalami perubahan selamaa beberapa tahun terakhir tergantikan oleh produk
buah impor. Konsumen akan membeli produk sesuai kebutuhannya, seleranya,
dan daya belinya. loyalitas produk pertanian dapat dilakukan dengan strategi
pengembangan agribisnis dalam konsep industrialisasi pertanian diarahkan pada
pengembangan agribisnis sebagai suatu sistem keseluruhan yang dilandasi
prinsip-prinsip efisiensi dan keberlanjutan dimana konsolidasi usaha tani
diwujudkan melalui koordinasi vertikal, sehingga produk akhir dapat dijamin dan
disesuaikan dengan preferensi konsumen akhir. Penelitian ini dilaksanakan pada
tahun 2023. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengkaji apa saja yang
mempengaruhi loyalitas konsumen pada jeruk lemon; 2) Untuk menganalisis
bagaimana loyalitas konsumen jeruk lemon lokal dengan jeruk lemon impor.
Metode penelitian menggunakan menggunakan skala likert dengan analisis
Regresi Linier Berganda. Penetapan sampel menggunaka teknik Accidental
Sampling. Hasil penelitian menunjukkan Kepuasan Pelanggan (X1), Kualitas
Produk (X2), dan Kepercayaan (X4) memiliki pengaruh positif terhadap Loyalitas
Konsumen (Y) Jeruk Lemon Lokal dan Impor di Kota Medan dan Variabel Citra
Merek (X3) tidak memiliki pengaruh positif terhadap Loyalitas Konsumen (Y)
Jeruk Lemon Lokal dan Impor di Kota Medan.