Abstract:
Dalam mempelajari akuntansi siswa lebih banyak mengerjakan soal yang
diekspresikan dalam bahasa yang dibuat dalam konteks yang jauh dari realitas
kehidupan sehari-hari akibatnya, siswa sering kali bosan dan menganggap
akuntansi sebagai pelajaran yang kurang menyenangkan dan siswa jarang
mengulang kembali pelajaran yang sudah diajarkan. Peneliti mengangkat
penggunaan model pembelajaran e-learning menggunakan media Youtube dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan jurnal umum kelas X Ak 1
SMK PAB 2 Helvetia.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa
dalam penggunaaan model pembelajaran e-learning menggunakan media youtube.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 1 SMK PAB 2 Helvetia yang
berjumlah 30 orang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas,
yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Instrumen penelitian yang
digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes tertulis untuk mengetahui hasil
belajar siswa dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa selama
penelitian. Analisis data yang digunakan menghitung rata-rata kelas dan
menghitung tingkat ketuntasan belajar siswa, dengan ketuntasan belajar siswa pada
siklus I yaitu 56,67% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86,67%.Hasil
penelitian memberikan kesimpulan 1). Hasil belajar siswa dari siklus I (56,67%)
meningkat pada siklus II menjadi (86,67%). Berdasar kan data tersebut bahwa
penggunaan model pembelajaran e-learning menggunakan media youtube dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.