Abstract:
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Manajemen sꬳkolah dalam
meningkatkan mutu Pendidikan di SMK Pusat Keunggulan Kabupaten Serdang
Bedagai; (2) Efektivitas manajemen sꬳkolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan di
SMK Pusat Keunggulan Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini menggunakan
metode kombinasi yang menggabungkan antara metode penelitian kualitatif dan
kuantitatif. Hasil temuan penelitian diperoleh: (1) Manajemen sꬳkolah meningkatkan
mutu Pendidikan di SMK Pusat Keunggulan Kabupaten Serdang Bedagai dilaksanakan
melalui: (a) Perencanaan. Hasil temuan dari Perencanaan penelitian adalah SMKN 1
Dolok Masihul melakukan perencanaan pembelajaran melalui: MOU; Analisis
Kebutuhan Pengajaran; Penyelarasan Kurikulum berbasis industri; Membuat Jadwal
pengajaran dan mangang; Merencanakan pꬳralatan standarisasi pꬳralatan bengkel
praktik. (b) Pelaksanaan dilakukan dꬳngan: Penyelarasan dan Pelaksanaan proses
pembelajaran. (c) Evaluasi dilakukan melalui tiga bentuk yaitu diagnostik (tes awal),
tes akhir dan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). (d) Pengendalian atau pengawasan
dilaksanakan secara langsung guna memantau dan mengawal kegiatan proses
pengajaran. (2) Efektivitas Manajemen sꬳkolah dalam peningkatan mutu Pendidikan
sudah efektif. Hal ini dianalisis berdasarkan: (a) Level Reaksi. Berdasarkan
perhitungan angket diperoleh: sangat memuaskan 47,1%, memuaskan 28,1%, cukup
memuaskan 24,3% dan 0,5% kurang memuaskan. Dari data diatas dapat disimpulkan
bahwa pelaksanaan pengajaran berjalan dengan sangat baik hal tersebut terlihat nilai
respon sangat memuaskan dan memuaskan 75,2%, walau masih ada peserta yang
menilai bahwa penyelenggaraan pengajaran kurang memuaskan 0,5%, (b) Level
Belajar, efektivitas pelaksanan pengajaran diukur berdasarkan perubahan sikap, atau
peningkatan pengetahuan/keterampilan sesudah mengikuti magang industri. Untuk
menganalisis peningkatan pengetahuan pꬳsꬳrta didik dapat diketahui melalui proses
membandingkan hasil tes awal dan tes akhir. Berdasarkan perhitungan diketahui terjadi
peningkatan pengetahuan pꬳsꬳrta didik mengacu nilai rata-rata tes awal dibandingkan
terhadap nilai rata-rata tes akhir. Terdapat peningkatan nilai rata-rata pengetahuan
pꬳsꬳrta didik sebesar 18,51 poin, dari nilai rata-rata pengetahuan pꬳsꬳrta sebelum
mengikuti mangang industri yaitu 61,51 dibandingkan nilai siswa setelah magang
industri yaitu 82,02