Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran
aqidah akhlak dan bagaimana metode pembiasaan,nasehat dan keteladanan adalam
pembentukan karakter,faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran
aqidah akhlak. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara,observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data dengan menggunakan metode Collection data, reduksi data,
penyajian data dan penyimpulan data.
Hasil dari penelitian ini meliputi : Pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak di SMP IT
swasta Ashabul Yamin Aceh Tenggara berjalan dengan baik sesuai dengan kurikulum
yang ada, Metode pembiasaan,nasehat dan teladan berjalan sudah berjalan dengan baik.
Faktor pendukung dari implementasi ini adalah orang tua dan faktor penghambat
implementasi ini adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai dari sekolah tersebut
yang meyebabkan siswa kurang memahami pembelajaran yang di berikan. Pengaruh
Implementasi Metode pembiasaan,nasihat dan keteladanan dalam pembelajaran akidah
akhlak adalah membawa pengaruh yang baik yaitu peserta didik lebih disiplin dan giat
dalam belajar, hormat dan santun kepada guru dan orang tua, membiasakan diri untuk
mematuhi peraturan yang ada di madrasah dan tidak ditemukan lagi peserta didik yang
berkelahi.