Abstract:
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
audio visual terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 21
Medan. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan desain penelitian
One Group Pretest Postest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh
siswa kelas V SD Muhammadiyah 21 Medan yang berjumlah 25 orang. Teknik
sampling yang digunakan yaitu uji sampel jenuh. Instrumen penelitian ini berupa
angket. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t Paired Sample
T Test menggunakan SPSS dan menggunakan uji Cohen’s d untuk melihat
besarnya pengaruh dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media
audio visual terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 21
Medan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji Paired Sample T Test yang
menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dikarenakan nilai signifikansi
tersebut kurang dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan
yang nyata antara motivasi belajar siswa pada pretest dan postest. Hasil uji
cohen’s d diperoleh nilai 9,070817 ini menunjukkan pengaruh memiliki efek yang
besar. Jadi, penelitian ini membuktikan adanya pengaruh signifikan penggunaan
media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas
V SD Muhammadiyah 21 Medan.