Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pola saluran pemasaran
gula merah sawit. (2) Besarnya biaya, dan margin gula merah sawit. (3) Saluran
pemasaran yang paling efisien dari pemasaran gula merah sawit di Desa
Pegajahan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa pegajahan Kecamatan Pegajahan.
Jenis metode penelitian ini yaitu metode studi kasus atau melihat langsung
kelapangan, metode analisis data pada penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif, sumber data diperoleh dengan data primer dan sekunder. Penelitian ini
disusun dengan menggunakan metode deskriptif saluran pemasaran, analisis biaya
pemasaran, margin pemasaran, dan efisiensi pemasaran.
Adapun hasil yang di dapatkan dari penelitian ini yaitu: 1). Terdapat 3
pola pemasaran gula merah sawit diantaranya (1) Pengrajin – Konsumen. (2)
Pengrajin – Pengecer – Konsumen. (3) Pengrajin – Pengepul – Pengecer –
Konsumen. 2). Pada pemasaran I margin pemasaran Rp.0/Kg. Pada saluran
pemasaran II total biaya pemasaran Rp.312/Kg, dan margin pemasaran
Rp.4.000/Kg. Pada saluran III total biaya pemasaran Rp.803/Kg, dan margin
pemasaran Rp.4.000/Kg. 3). Efisiensi pada saluran pemasaran I sebesar
0,5%<50%. Efisiensi pada saluran II sebesar 2%<50%, efisiensi pada saluran
pemasaran III sebesar 3,49% < 50%.