Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam
mengadakan variasi pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VII dan VIII,
untuk mengetahui respon yang diberikan siswa setelah guru melakukan variasi
pembelajaran pada pelajaran pendidikan agama Islam, untuk mengetahui apa saja
kendala yang dialami guru dalam mengadakan variasi pembelajaran khususnya
pada pelajaran pendidikan agama Islam di kelas VII dan VIII
Sumber datanya adalah seorang guru PAI, Kepala Sekolah dan siswa kelas
VII dan VIII. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini antara lain observasi,
wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan langkah
langkahnya adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penyimpulan data
dan untuk keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI di
SMP Penguruan Islam Amalia sudah menggunakan beberapa keterampilan
melakukan variasi dalam belajar dengan cukup baik dan metode dan strategi
mengajar seperti melakukan perencanaan mengadakan pembelajaran, pelaksanaan
mengadakan pembelajaran, faktor keterampilan mengadakan variasi pembelajaran
dan upaya dalam mengatasi masalah terkait pelaksanaan keterampilan
mengadakan variasi pembelajaran. tetapi ada beberapa kendala, yakni kondisi
latar belakang dan karakteristik siswa yang berbeda dan keterbatasan fasilitas
disekolah juga menjadi kendala dalam guru mengadakan variasi pembelajaran.