Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “Bagaimanakah Penerapan Pembelajaran
Kooperatif Model Make A Macth Berbantu Media Kartu Soal Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelsa X Smk Swasta PAB 2 helvetia Tahun
Pembelajaran 2016 / 2017 ?”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi
siswa kelas X setelah di terapkan model pemebelajaran Make A Macth Berbantu
Media Kartu Soal SMK Swasta PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2016 / 2017.
Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X akuntansi 2 SMK PAB
2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang keseluruhannya berjumlah 25
siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah model pemebelajaran Make A Macth
Berbantu Media Kartu Soal untuk meningkatkan akuntansi siswa. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes untuk melihat hasil
belajar siswa serta lember observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran
berlangsung .
Dari hasil penelitian terhadap siswa dalam mengikuti pembelajaran siklus I
setelah diterapkan tindakan pada siklus I dan siklus II dengan menggunakan
model pembelajaran Make A Macth berbantu Kartu Soal pada saat pembelajaran
hasil belajar siswa meningkat .Nilai rata-rata siklus I 82 dan tingkat ketuntasan
belajar dengan persentase 64 %. Sedangkan nilai rata-rata siklus II 88 dan tingkat
ketuntasan belajar siswa dengan persentase 88 % .