Research Repository

Pengaruh Penggunaan Metode pemecahan Masalah Belajar (Problem Solving Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK SWASTA HARAPAN STABAT

Show simple item record

dc.contributor.author Handayani, Jumratul
dc.date.accessioned 2020-03-11T05:48:39Z
dc.date.available 2020-03-11T05:48:39Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2467
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah Belajar (problem solving learning) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Swasta Harapa Stabat Tahun pelajaran 2016/2017. Permasalah dalam penelitian ini adalah Hasil belajar akuntansi yang belum mencapai KKM Guru masih menggunakan metode konvensional, kurangnya kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran akuntansi. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Harapan Stabat tahun pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 1 kelas 39 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK yang terdiri dari 39 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan melakukan pertimbangan tertentu. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental. Dari hasil penelitian ini yang menjadi nilai rata-rata pre test pada kelas X AK sebelum menggunakan metode pembelajaran Pemecahan Masalah Belajar (problem solving learning) dalam proses pembelajaran diperoleh nilai rata-rata sebesar 52,30 dengan standar deviasi 11,57 dan nilai yang di peroleh minimal 40 dan maksimal 70. Dari hasil penelitian di dapat nilai rata-rata pos test pada kelas X AK setelah digunakan metode pembelajaran Pemecahan Masalah Belajar (problem solving learning) didalam proses pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 78,20 dengan standar deviasi 11,95 dan nilai yang diperoleh minimal 60 dan maksimal 100. Berdasarkan perhitungan uji hhipotesis diperoleh thitung = 10,164 pada taraf signifikan ߙ = 0,05 dan dan ttabel =1,685. Dengan demikian thitung > ttabel (10,164 > 1,685). Sehingga hipotesis yang diterima adalah Ha yang menyatakan ada pengaruh metode pembelajaran Pemecahan Masalah Belajar (problem solving learning) terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada kompetensi Jurnal khusus kelas X SMK Swasta Harapan Satabat Tahun Pembelajaran 2016/2017 en_US
dc.subject Metode Pemecahan Masalah en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Metode pemecahan Masalah Belajar (Problem Solving Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK SWASTA HARAPAN STABAT en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account