Research Repository

Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Qarica Untuk Pemahaman Konsep IPA Materi Ekosistem Laut Pada Siswa Kelas V SD Swasta PAB 20 Bandar Klippa.

Show simple item record

dc.contributor.author Pratiwi, Nur Abdiah
dc.date.accessioned 2024-07-10T09:58:14Z
dc.date.available 2024-07-10T09:58:14Z
dc.date.issued 2024-05-06
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24679
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang kurang memahami materi yang telah dipelajari dan menunjukkan kurangnya minat serta rasa bosan. Hal tersebut diketahui dari hasil observasi kelas V, bahwa peserta didik hanya memanfaatkan sumber dan media yang masih terbatas. Maka dari itu diperlukan pengembangan media pembelajaran yang dapat menumbuhkan daya tarik peserta didik yaitu berupa media pembelajaran yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menghasilkan media pembelajaran diorama qarica untuk pemahaman konsep IPA materi ekosistem laut. (2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran diorama qarica untuk pemahaman konsep IPA materi ekosistem laut. (3) Untuk mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran diorama qarica untuk pemahaman konsep IPA materi ekosistem laut. Dasar penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall yang memiliki 10 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba awal, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal dalam penelitian pengembangan ini peneliti hanya sampai pada tahap ke-7 yaitu revisi produk, hal ini dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga dan biaya. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran diorama qarica untuk pemahaman konsep IPA materi ekosistem laut pada siswa kelas V SD Swasta PAB 20 Bandar Klippa. Hasil penelitian yang dikembangkan termasuk kedalam kriteria sangat valid (90% untuk hasil penilaian ahli materi, 100% untuk hasil penilaian ahli media, 100% untuk hasil penilaian ahli bahasa ) dan sangat praktis (92% untuk hasil penilaian guru, 89,4% untuk hasil penilaian peserta didik). en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Media Pembelajaran Diorama qarica en_US
dc.subject Pemahaman Konsep IPA en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Qarica Untuk Pemahaman Konsep IPA Materi Ekosistem Laut Pada Siswa Kelas V SD Swasta PAB 20 Bandar Klippa. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account