Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang kurang memahami
materi yang telah dipelajari dan menunjukkan kurangnya minat serta rasa bosan.
Hal tersebut diketahui dari hasil observasi kelas V, bahwa peserta didik hanya
memanfaatkan sumber dan media yang masih terbatas. Maka dari itu diperlukan
pengembangan media pembelajaran yang dapat menumbuhkan daya tarik
peserta didik yaitu berupa media pembelajaran yang menarik. Tujuan dari
penelitian ini adalah: (1) Untuk menghasilkan media pembelajaran diorama
qarica untuk pemahaman konsep IPA materi ekosistem laut. (2) Untuk
mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran diorama qarica untuk
pemahaman konsep IPA materi ekosistem laut. (3) Untuk mengetahui tingkat
kepraktisan media pembelajaran diorama qarica untuk pemahaman konsep IPA
materi ekosistem laut. Dasar penelitian ini menggunakan model pengembangan
yang dikemukakan oleh Borg and Gall yang memiliki 10 tahap yaitu potensi
dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain,
uji coba awal, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal
dalam penelitian pengembangan ini peneliti hanya sampai pada tahap ke-7 yaitu
revisi produk, hal ini dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga dan biaya.
Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran diorama qarica untuk
pemahaman konsep IPA materi ekosistem laut pada siswa kelas V SD Swasta
PAB 20 Bandar Klippa. Hasil penelitian yang dikembangkan termasuk kedalam
kriteria sangat valid (90% untuk hasil penilaian ahli materi, 100% untuk hasil
penilaian ahli media, 100% untuk hasil penilaian ahli bahasa ) dan sangat
praktis (92% untuk hasil penilaian guru, 89,4% untuk hasil penilaian peserta
didik).