Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan Menulis
Paragraf Narasi siswa dengan menerapkan model pembelajaran concept sentence
di kelas III SD Negeri 023898 Binjai, Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa nilai rata-rata siswa yang sebelum menggunakan model pembelajaran
concept sentence lebih rendah dibandingkan nilai rata-rata siswa dengan
menggunakan model pembelajaran concept sentence. Nilai rata-rata pre-test
sebelum adanya perlakuan di peroleh sebesar 61,96 dibandingkan nilai rata
ratapost-test sesudah adanya perlakuan menggunakan model pembelajaran
concept sentence sebesar 79,69. Nilai tertinggi pre-test sebelum adanya perlakuan
ialah 83 dibandingkan nilai tertinggi post-test sesudah adanya perlakuan
menggunakan model pembelajaran concept sentence ialah sebesar 95. Dari
penelitian tersebut, diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara nilai pre-test
sebelum adanya perlakuan dan nilai post-test sesudah adanya perlakuan, hal ini
dibuktikan oleh nilai pada uji t dengan nilai signifikan taraf 5% dengan
memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 <0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Adanya pengaruh model pembelajaran concept sentence terhadap keterampilan
menulis paragraf narasipada siswa kelas III SD Negeri 023898 Binjai.