Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Keterampilan Berbicara Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 060870 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Lestari, Widya
dc.date.accessioned 2024-07-10T09:52:43Z
dc.date.available 2024-07-10T09:52:43Z
dc.date.issued 2024-05-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24677
dc.description.abstract SD Negeri 060870 Medan yang disebabkan oleh beberapa hal, yaitu kurangnya rasa percaya diri siswa serta kurangnya penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining siswa kelas V SD Negeri 060870 Medan, untuk mengetahui keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia tanpa menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining siswa kelas V SD Negeri 060870 Medan, untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 060870 Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V-A dan V-B SD Negeri 060870 Medan yang berjumlah 51 orang siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data menggunakan lembar observasi. Proses pengambilan data menggunakan data kelas eksperimen dan kontrol yang dianalisis menggunakan software SPSS Versi 23. Hasil penelitian dari uji t (Independent Sampel T-test) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pebelajaran Student Facilitator and Explaining pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 060870 Medan dengan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,000. Berarti 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pebelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap keterampilan bebicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 060870 Medan en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Keterampilan Berbicara en_US
dc.subject Model Pembelajaran Student Facilitator en_US
dc.subject Explaining en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Keterampilan Berbicara Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 060870 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account