Abstract:
SD Negeri 060870 Medan yang disebabkan oleh beberapa hal, yaitu kurangnya rasa
percaya diri siswa serta kurangnya penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa
Indonesia dengan menggunakan menggunakan model pembelajaran Student
Facilitator and Explaining siswa kelas V SD Negeri 060870 Medan, untuk
mengetahui keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia tanpa
menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining siswa kelas V
SD Negeri 060870 Medan, untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap keterampilan berbicara
pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 060870 Medan. Jenis
penelitian ini adalah kuantitatif, penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas V-A dan V-B SD Negeri 060870 Medan yang berjumlah 51 orang
siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data menggunakan lembar
observasi. Proses pengambilan data menggunakan data kelas eksperimen dan kontrol
yang dianalisis menggunakan software SPSS Versi 23. Hasil penelitian dari uji t
(Independent Sampel T-test) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model
pebelajaran Student Facilitator and Explaining pada pembelajaran Bahasa Indonesia
kelas V SD Negeri 060870 Medan dengan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,000. Berarti
0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat Disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh model pebelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap
keterampilan bebicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri
060870 Medan