Abstract:
Pentingnya sebuah media dalam penyebaran informasi dalam dunia bisnis,
siapa yang dikenal akan memenangkan pasar, tapi jika tidak dikenal akan
mengalami kebangkrutan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran
pemanfaatan media pemasaran yang digunakan oleh Toko Roti MM Medan dalam
meningkatkan brand awareness. Dalam penelitian ini, teori yang dianggap relevan
adalah mengenai Komunikasi Pemasaran, Media Pemasaran dan Brand Awareness
(Kesadaran Merek). Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan
meliputi reduksi data atau pemilahan data, penyajian data, penarikan kesimpulan
dan verifikasi. Informan penelitian ini terdiri dari pimpinan perusahaan, humas
perusahaan dan seorang karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Roti
MM menggunakan berbagai strategi pemasaran, seperti media sosial, komunikasi
langsung, dan partisipasi dalam event, untuk meningkatkan brand awareness
mereka di Kota Medan. Mereka juga fokus pada kualitas produk, pelayanan terbaik,
dan responsif terhadap pelanggan untuk membangun loyalitas dan mendapatkan
respon positif dari publik.