Abstract:
Riset ini bertujuan guna memahami pengaruh model RME (Realistic
Mathematics Education) Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan
Numerasi Matematika Siswa di Kelas III SD Terpadu Muhammadiyah Sumatera
Utara. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif, populasi dalam
riset ini adalah seluruh siswa di kelas III SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan
yang berjumlah 106 orang siswa, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas
III Al- Farabi dan III Ibnu Rusyd SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan yang
berjumlah 52 orang siswa. Pada pengambilan sampel menggunkan teknik
Purpossive Sampling. Hasil dari riset ini didapatkan dari tes, lalu diolah serta
dianalisis menggunakan SPSS Versi 25. Pada golongan eskperimen terdapat mean
sebesar 78,08 dan golongan kontrol sebesar 35,38 hingga dapat disimpulkan
bahwa skor mean pada golongan eksperimen memakai Model RME (Realistic
Mathematics Education) Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan
Numerasi Matematika lebih baik dari pada golongan kontrol yang menggunakan
metode ceramah. Bersumber analisis data uji hipotesis, golongan eksperimen yang
menggunakan Model RME (Realistic Mathematics Education) Berbasis
Etnomatematika Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika siswa
mendapatkan hasil uji Independent Samples Test sebesar 0,00 yang mana 0,00 <
0,05 dengan hal ini menyatakan bahwa Ha diterima H0 ditolak sehingga dapat
disimpulkan bahwa Model RME (Realistic Mathematics Education) Berbasis
Etnomatematika berpengaruh signifikan Terhadap Kemampuan Numerasi
Matematika siswa di kelas III SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan.