Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem
Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran
IPAS kelas V di SD Negeri 050656 Stabat. Populasi dalam penelitian ini ialah
seluruh siswa kelas V Stabat. Dan sampel yang digunakan yaitu 2 kelas yang
berjumlah 23 siswa. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
pengumpulan data menggunakan lembar tes soal yang berjumlah 15 soal. Untuk
memperoleh data penelitian ini, peneliti akan menggunakan instrument penelitian
yaitu menggunakan Teknik pemilihan sampel yang telah di lakukan maka
pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik sampel jenuh
(sampling jenuh). Dalam penelitian ini peneliti melibatkan 2 kelas sebagai kelas
kontrol dan sebagai kelas eksperimen. Dalam kelas kontrol peneliti menggunakan
proses pembelajaran dengan metode konvensional sedangkan di kelas eksperimen
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini
menggunakan hasil uji T (independent-samples t test) bahwa penggunaan model
pembelajaran Problem Based Learning didapatkan hasil sig.(2-tailed) ialah 0,000 <
0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Hₐ diterima dan Hₒ ditolak. Artinya
terdapat Pengaruh yang signifikan antara penggunaan Model Pembelajaran
Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam
Pembelajaran IPAS Kelas V di SD Negeri 050656 Stabat.