Abstract:
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pengaruh Model
Pembelajaran VCT (Value clarification technique) terhadap Keterampilan
Menulis Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 050757 Alur
Dua, siswa Kelas IV A dan IVB SD Negeri 050757 Alur Dua yang berjumlah 33
orang siswa. Penentuan kelas yang akan menjadi kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol, dalam penelitian ini menentukan jumlah sampel sebesar 33
orang yaitu keseluruhan dari jumlah populasi, teknik analisis data yang digunakan
dalam peneltian ini adalah penelitian ini menggunakan uji t (Paired Sample T Test).
Menurut Uji t Paired Sample, adapun hasil penelitia ini adalah Berdasarkan output
Paired Samples Correlations diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05
maka dapat disimpulkan terdapat korelasi antara rata-rata hasil Keterampilan
Menulis untuk pre-test kelas eksperimen dengan post-test eksperimen
Berdasarkan ouput Paired Samples Test diperoleh nilai t sebesar 33.440 dan nilai
sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata rata hasil Keterampilan Menulis untuk pre-test kelas kontrol dengan post-test
kontrol dan penelitian ini menerima hpotesis bahwa terdapat pengaruh Value
clarification technique terhadap Keterampilan Menulis kelas IV SD Negeri
050757 Alur Dua