Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang
menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran KOSTIKBAM (Kotak Stik
Bambu) pada materi perkalian siswa kelas II SD Muhammadiyah 18 Medan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media
pembelajaran pada materi perkalian, untuk mengkaji kevalidan media pembelajaran
pada materi perkalian, dan untuk mengkaji kepraktisan media pembelajaran pada
materi perkalian. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tahapan
analisis mencakup analisis kebutuhan dan karakteristik siswa. Tahapan desain
mencakup tahapan merancang media yang dikembangkan, menyusun instrumen,
dan menyusun silabus dan RPP. Tahapan pengembangan mencakup hasil kevalidan
dari tiga para ahli. Tahapan impelmentasi yaitu tahapan melakukan uji coba ke
sekolah. Hasil pengembangan yang dilakukan dengan penilaian para ahli yaitu
validator ahli media 96% “sangat valid”, validator ahli materi 80% “sangat valid”,
dan validator ahli bahasa 86% “sangat valid”. Pada kepraktisan pendidik yang
diambil dari respon guru mendapatkan 86% “sangat praktis”. Pada ujicoba yang
dilakukan pada kelas II SD Muhammadiyah 18 Medan dengan jumlah siswa 20
orang. Dari seluruh respon siswa mendapatkan 91% “sangat praktis