Abstract:
Di sekolah MTs Muhammadiyah 15 Medan ditemukan siswa dan siswi yang tidak
bisa membaca Al-Qur’an sehingga sekolah mengadakan program tuntas Iqro’ agar
siswa dan siswi dapat membaca Al-Qur’an dengan baik. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui: 1) Konsep program tuntas Iqro’ pada mata pelajaran Al-Qur’an
hadits di MTs Muhammadiyah 15 Medan, 2) Pelaksanaan program tuntas Iqro’
pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits di MTs Muhammadiyah 15 Medan, 3)
Evaluasi program tuntas Iqro’ pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits di MTs
Muhammadiyah 15 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kualitatif, data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara,dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru
pembimbing, guru bidang studi Al-Qur’an hadits, siswa, dan orang tua. Hasil
penelitian menunjukan bahwa dengan adanya program tuntas Iqro’ di MTs
Muhammadiyah 15 Medan mengalami perkembangan belajar pada siswa.
Pelaksanaan program tuntas Iqro’ di MTs Muhammadiyah 15 berjalan dengan
efektif dilihat dari banyak lulusan yang sudah lancar membaca Al-Qur’an