Abstract:
Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Live Streaming Dan Online Costumer
Review Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee Dengan Kepercayaan
Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Produk Skincare Camille
Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU), baik itu secara langsung
maupun secara tidak langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik yakni
partial least square – structural equestion model (SEM – PLS). Teknik
pengumpulan data menggunakan kuisioner. Adapun hasil penelitian Live
Streaming berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Produk Camille di Shopee
Pada Mahasiswa FEB UMSU. Live Streaming berpengaruh terhadap Kepercayaan
Konsumen produk Camille di Shopee Pada Mahasiswa FEB UMSU. Online
Customer Review berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian produk Camille di
Shopee Pada Mahasiswa FEB UMSU. Online Customer Review tidak
berpengaruh terhadap Kepercayaan Konsumen produk Camille di Shopee Pada
Mahasiswa FEB UMSU. Kepercayaan Konsumen berpengaruh terhadap
Keputusan Pembelian produk Camille di Shopee Pada Mahasiswa FEB UMSU.
Live Streaming berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan
Konsumen sebagai variabel intervening produk Camille di Shopee Pada
Mahasiswa FEB UMSU. Online Customer Review tidak berpengaruh terhadap
Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan Konsumen sebagai variabel
intervening produk Camille di Shopee Pada Mahasiswa FEB UMSU. Hasil
pengujian R – Square diperoleh hasil bahwa model jalur yang menggunakan
variabel intervening adalah 0,176 dan 0,157. Dengan kata lain, kemampuan
variabel X yaitu Live Streaming dan Online Costumer Review dalam menjelaskan
variabel Z yaitu Kepercayaan Konsumen adalah sebesar 15,7% dengan demikian
model lemah (buruk) dan kemampuan variabel X yaitu Live Streaming dan Online
Customer Review dalam menjelaskan variabel Y yaitu Keputusan Pembelian
adalah sebesar 52,7% dengan demikian model tergolong moderate (sedang).