Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 060870

Show simple item record

dc.contributor.author INSANI, HAINUR
dc.date.accessioned 2024-07-09T03:11:17Z
dc.date.available 2024-07-09T03:11:17Z
dc.date.issued 2024-03-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24627
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan kurang aktifnya siswa pada saat proses belajar,guru kirang dalam menggunakan variasi model dan media pembelajaran, dan hanya beberapa siswa yang memperhatikan saat guru menjelaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match terhadap keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPAS kelas V SDN 060870. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 51 orang yang terdiri dari 24 laki -laki dan 27 perempuan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan porposive sampling. Porposive sampling adalah sebuah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan atau maksud tertentu. Instrumen yang dilakukan pada penelitian ini adalah lembar observasi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa. Pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan Independent Sample T test. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dengan menggunakan uji Independent Sample T-test mendapatkan hasil nilai signifikansi 0,000<0,05. Berarti nilai hasil signifikansi sebesar 0,005<0,05 maka hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima berarti mendaparkan pengaruh signifikan model pembelajaran Make A Match terhadap keaktifan belajar siswa dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Make A Match terhadap keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPAS kelas V SDN 060870. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Make A Match en_US
dc.subject Keaktifan Belajar en_US
dc.subject Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 060870 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account