Abstract:
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan kurang aktifnya siswa pada
saat proses belajar,guru kirang dalam menggunakan variasi model dan media
pembelajaran, dan hanya beberapa siswa yang memperhatikan saat guru
menjelaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match terhadap
keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPAS kelas V SDN 060870. Adapun jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 51 orang yang terdiri dari 24 laki -laki dan 27 perempuan. Teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan porposive sampling.
Porposive sampling adalah sebuah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan
atau maksud tertentu.
Instrumen yang dilakukan pada penelitian ini adalah lembar observasi. Variabel
bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match dan variabel
terikat dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa. Pengujian hipotesis
yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan Independent Sample T test. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dengan menggunakan uji
Independent Sample T-test mendapatkan hasil nilai signifikansi 0,000<0,05.
Berarti nilai hasil signifikansi sebesar 0,005<0,05 maka hal ini menunjukkan
bahwa Ha diterima berarti mendaparkan pengaruh signifikan model pembelajaran
Make A Match terhadap keaktifan belajar siswa dan Ho ditolak. Jadi, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Make A Match
terhadap keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPAS kelas V SDN 060870.