Abstract:
Manajemen kurikulum adalah suatu sistem pengelolaan kurikulum yang
kooperatif, komprehensif, sistemik dan sistematika dalam rangka mewujudkan
ketercapaian tujuan kurikulum. Pelaksanaan manajemen kurikulum harus
berkembang sesuai dengan konteks manajemen berbasis sekolah (MBS) dan
kurikulum Tingkat satuan pendidikan (KTSP). Keberhasilan dalam
penyelenggaraan lembaga pendidikan Islam akan sangat bergantung kepada
komponen dari manajemen kurikulum pendidikan Islam seperti manajemen tenaga
pendidik dan kependidikan, manajemen sekolah, manajemen mata pelajaran,
manajemen jadwal mata pelajaran, manajemen pembiayaan, dan manajemen sarana
prasarana. Komponen-komponen tersebut merupakan satu kesatuan dalam upaya
pencapaian tujuan lembaga pendidikan, terutama pendidikan Islam yang berbasis
Pesantren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data
yaitu melakukan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Analisis
data dilakukan dengan kategorisasi dan penafsiran data dalam bentuk naratif.
Manajemen kurikulum dalam sistem pendidikan nasional merupakan suatu proses
yang sangat komplek dan melibatkan berbagai komponen yang saling terkait dalam
rangka mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan untuk mencapai tujuan
pendidikan nasional. Prosedur manajemen kurikulum terdiri dari perencanaan
kurikulum, pelaksanaan kurikulum, dan evaluasi kurikulum