Research Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QURAN DAN HADIS KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH61 TJ. SELAMAT MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author AZIZ, AULIA ABDUL
dc.date.accessioned 2024-07-09T02:35:40Z
dc.date.available 2024-07-09T02:35:40Z
dc.date.issued 2023-09-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24622
dc.description.abstract Model pembelajaran kooperatif tipe time token adalah pembelajaran yang dilakukan dengan menggabungkan pembelajaran dengan tatap muka terintegrasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji apakah ada atau tidaknya pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap minat belajar siswa pada kelas VIII SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Medan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre eksprimental dengan desain The One Group Pretest-Postest Desaign. Populasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Medan.Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 28 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Untuk memperoleh data pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe time token peneliti menggunakan teknik kuesioner atau angket, sedangkan untuk memperoleh data terkait minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI peneliti menggunakan kuesioner dan pretest-postest, sedangkan untuk memperoleh data pendukung lainnya digunakan teknik wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe time tokentergolong sangat baik dibuktikan dengan hasil angket yang di sebarkan kepada 28 responden berada pada interval 75% - 100% yakni sebesar 87% , 2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI menunjukan ketegori sangat baik dengan persentase 89% yang berada pada kelas interval 75% -100%, 3) model pembelajaran kooperatif tipe time token memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa mata pelajaran PAI, dibuktikan dengan analisis uji-T sampel berpasangan dengan hasil t-hitung >t tabel (7.641>2.0484) dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 atau <0.05. en_US
dc.subject pengaruh en_US
dc.subject model pembelajran kooperatif tipe time token en_US
dc.subject Hasil belajar siswa en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QURAN DAN HADIS KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH61 TJ. SELAMAT MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account