Abstract:
Model pembelajaran kooperatif tipe time token adalah pembelajaran yang
dilakukan dengan menggabungkan pembelajaran dengan tatap muka terintegrasi.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji apakah ada atau tidaknya pengaruh
dari model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap minat belajar siswa
pada kelas VIII SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Medan.Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre eksprimental dengan desain The One
Group Pretest-Postest Desaign. Populasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Medan.Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 28 orang yang diambil
menggunakan teknik purposive sampling. Untuk memperoleh data pelaksanaan
model pembelajaran kooperatif tipe time token peneliti menggunakan teknik
kuesioner atau angket, sedangkan untuk memperoleh data terkait minat belajar
siswa pada mata pelajaran PAI peneliti menggunakan kuesioner dan pretest-postest,
sedangkan untuk memperoleh data pendukung lainnya digunakan teknik
wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1)
pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe time tokentergolong sangat baik
dibuktikan dengan hasil angket yang di sebarkan kepada 28 responden berada pada
interval 75% - 100% yakni sebesar 87% , 2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran
PAI menunjukan ketegori sangat baik dengan persentase 89% yang berada pada
kelas interval 75% -100%, 3) model pembelajaran kooperatif tipe time token
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa mata pelajaran
PAI, dibuktikan dengan analisis uji-T sampel berpasangan dengan hasil t-hitung >t tabel (7.641>2.0484) dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 atau <0.05.