Research Repository

Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama dalam Gestalt untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X di MA Al-Falah Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir T.A 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author Utami, Mayang Dita
dc.date.accessioned 2024-07-08T10:44:27Z
dc.date.available 2024-07-08T10:44:27Z
dc.date.issued 2024-05-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24620
dc.description.abstract Kemampuan penyesuaian diri tidak selalu berjalan dengan baik, ada saja perasaan tidak menyenangkan menyertinya seperti, kurang percaya diri, takut tidak diterima dalam hubungan sosial, banyak remaja yang menderita dan tidak mampu mencapai kebahagiaan dalam hidupnya karena tidak mampu menyesuaikan diri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok mampu meningkatkan penyesuaian diri siswa MA Al-Falah Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini untuk melihat bagaimana kemampuan penyesuaian diri siswa melalui observasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Al-Falah Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir. Temuan penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama memberikan dampak yang baik terhadap kapasitas penyesuaian siswa kelas 10 MA Al-Falah Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan guru Bimbingan dan Konseling dapat mengembangkan dan mengoptimalkan bimbingan kelompok teknik sosiodramaa dan yang lainnya untuk siswa agar terbentuk kemampuan penyesuaian diri yang baik di sekolah maupun lingkungan sekitar. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Bimbingan kelompok en_US
dc.subject Teknik Sosiodrama en_US
dc.subject Penyesuaian diri en_US
dc.title Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama dalam Gestalt untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X di MA Al-Falah Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir T.A 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account