Abstract:
Kemampuan penyesuaian diri tidak selalu berjalan dengan baik, ada saja
perasaan tidak menyenangkan menyertinya seperti, kurang percaya diri, takut
tidak diterima dalam hubungan sosial, banyak remaja yang menderita dan tidak
mampu mencapai kebahagiaan dalam hidupnya karena tidak mampu
menyesuaikan diri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan
menggunakan teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok mampu
meningkatkan penyesuaian diri siswa MA Al-Falah Simpang Kanan Kabupaten
Rokan Hilir.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini
untuk melihat bagaimana kemampuan penyesuaian diri siswa melalui observasi
dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Al-Falah
Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok
teknik sosiodrama memberikan dampak yang baik terhadap kapasitas penyesuaian
siswa kelas 10 MA Al-Falah Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan guru Bimbingan dan
Konseling dapat mengembangkan dan mengoptimalkan bimbingan kelompok
teknik sosiodramaa dan yang lainnya untuk siswa agar terbentuk kemampuan
penyesuaian diri yang baik di sekolah maupun lingkungan sekitar.