Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan di SMK IRA Medan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui model pembelajaran Creative problem solving (CPS) dalam
meningkatkan hasil belajar akuntansi yang terdiri dari 1 kelas. Sampel yang
digunakan adalah kelas X Akuntansi yang berjumlah 41 orang siswa.
Pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, dengan melihat
pretest untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum menggunakan model
pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan hasil post test untuk mengukur
hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Creative Problem
Solving (CPS)
Berdasarkan analisis data diketahui bahwa hasil belajar menggunakan model
pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) diperoleh pre test dengan nilai
rata-rata 66,21 dan standart deviasi 93,47. Sedangkan hasil belajar siswa sesudah
menggunakan model pembelajaran post test dengan nilai rata-rata 87 dan standart
deviasi 55,06.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan
dk = (n1 + n2)-2 pada taraf signifikan =0,05. Dari data perhitungan homogenitas
diperoleh bahwa FhitungFtabel yaitu 1,304,09. Dari data perhitungan hipotesis
diperoleh ThitungTtabel yaitu 5,4732,023 yang artinya hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Model Pembelajaran Creative
Problem Solving (CPS) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa
Kelas X SMK Swasta IRA Medan Tahun Pelajaran 2016/2017” secara efektif