Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pendekatan
Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika Kelas V SD Hang Tuah 2
Titipapan, kemampuan peserta didik dalam memahami pembelajaran matematika
dan tingkat keberhasilan daya pikir peserta didik terhadap pembelajaran
matematika di kelas V SD Hang Tuah 2 Titipapan. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD
Hang Tuah 2 Titipapan yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam
dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas
guru dan siswa serta hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif
menggunakan Ms. Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa observasi aktivitas
guru meningkat dari rata-rata nilai 65,47 (cukup) menjadi 89,28 (baik). Aktivitas
peserta didik meningkat dari perolehan rata-rata nilai 78,27 (baik) menjadi 90,89
(sangat baik). Sedangkan hasil kemampuan peserta didik pada pra-siklus nilai rata rata 42,5 (kurang) menjadi 67,5 (cukup) pada siklus I dan meningkat menjadi nilai
rata-rata 82,5 (Baik) pada siklus II. Pada tingkat keberhasilan pra-siklus secara
keseluruhan peserta didik belum memenuhi ketuntasan, pada siklus I sebanyak 6
orang peserta didik (30%) sudah memenuhi kriteria ketuntasan (KKM 80) dan pada
siklus II diperoleh ketuntasan sebanyak 16 peserta didik (80%)