Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kurangnya Motivasi Belajar siswa kelas
V UPT SD Negeri 060871 Medan yang disebabkan oleh beberapa hal, salah
satunya yaitu kurang tepatnya guru dalam memilih model pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikansi dari
penggunaan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here di kelas V
UPT SD Negeri 060871 Medan dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap Motivasi belajar
siswa kelas V UPT SD Negeri 060871 Medan.Penelitian ini merupakan
penelitian dengan pengolahan data kuantitatif serta menggunakan teknik total
sampling dimana seluruh populasi dapat dijadikan sampel yang berjumlah 49
Siswa. Variabel bebas adalah Medel Pembelajaran Everyone Is A Teacher
Here, sedangkan variabel terikat yaitu Motivasi belajar siswa. Proses
pengambilan data menggunakan data kelas kontrol dan data kelas eksperimen
yang dianalisis menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian dari
uji t (Independent Sample T-test) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
model pembelajaran E v e r y o n e Is A T e a c h e r H e r e terhadap
Motivasi Belajar Siswa dengan nilai sig. 2-tailed sebesar 0,000. Berarti 0,000
< 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here DI kelas V UPT
SD Negeri 060871 Medan