Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research And Development) yaitu
suatu penelitian yang menghasilkan suatu produk berupa sebuah Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) yang Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Pada
Mata Pelajaran IPAS kelas IV SD Muhammadiyah 18 Medan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengkaji kevalidan LKPD yang dikembangkan, mengetahui
kepraktisan LKPD yang digunakan serta mengetahui langkah-langkah
pengembangan LKPD yang dilakukan pada mata pelajaran IPAS materi siklus
hidup hewan pada kelas IV SD Muhammadiyah 18 Medan. Penelitian ini
menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation. Namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai
tahap 4 dari model ADDIE yaitu tahapan Implementation. Hasil pengembangan
dilakukan berdasarkan pada penilaian para ahli untuk mengetahui kevalidan dari
produk yang dikembangkan dengan validator yaitu ahli desain media dengan
presentase 98% “sangat layak”, Ahli bahasa dengan presentase 97% “sangat
layak”, Ahli materi dengan presentase 95% “sangat layak”. Pada kepraktisan
LKPD berdasarkan uji coba dari respon guru dan peserta didik. Pada kepraktisan
pendidik yang diambil dari respon guru mendapatkan presentase 90% sedangkan
uji coba yang dilakukan dengan respon peserta didik mendapatkan presentase
86%. Respon guru dan peserta didik masuk kedalam kategori “sangat praktis”.