Research Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 18 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author NADILA, .
dc.date.accessioned 2024-07-05T10:16:32Z
dc.date.available 2024-07-05T10:16:32Z
dc.date.issued 2024-04-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24576
dc.description.abstract Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas III SD Muhammadiyah 18 Medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh penggunaan media puzzle terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA dikelas III SD Muhammadiyah 18 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Media puzzle terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas III SD Muhammadiyah 18 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini siswa kelas III SD Muhammadiyah 18 Medan. Teknik dalam pengumpulan data penelitian ini adalah dengan mnggunakan instrument Tes. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t test yang didahului dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis yang diperoleh menunjukan bahwa penggunaan media puzzle mempunyai nilai signifikan sebesar 0,000. Maka nilai signifikansi 0,000 < 0,05, menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perlakuan yang berikan oleh masing –masing variabel. maka Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat adanya pengaruh penggunaan media puzzle terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan memperoleh rata-rata berpikir kritis siswa pada kelas kontrol ( konvensional ) sebesar 57,39. Sedangkan rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen menggunakan ( media puzzle) sebesar 89,65. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media puzzle terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA Kelas III SD Muhammadiyah 18 Medan”. en_US
dc.subject Media Puzzle en_US
dc.subject Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 18 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account