Abstract:
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap
Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas III SD
Muhammadiyah 18 Medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana
pengaruh penggunaan media puzzle terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran IPA dikelas III SD Muhammadiyah 18 Medan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Media puzzle terhadap keterampilan
berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas III SD Muhammadiyah 18 Medan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi
dalam penelitian ini siswa kelas III SD Muhammadiyah 18 Medan. Teknik dalam
pengumpulan data penelitian ini adalah dengan mnggunakan instrument Tes.
Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t test yang didahului
dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis yang
diperoleh menunjukan bahwa penggunaan media puzzle mempunyai nilai signifikan
sebesar 0,000. Maka nilai signifikansi 0,000 < 0,05, menunjukan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan terhadap perlakuan yang berikan oleh masing –masing
variabel. maka Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat adanya pengaruh penggunaan
media puzzle terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil analisis
data yang dilakukan memperoleh rata-rata berpikir kritis siswa pada kelas kontrol (
konvensional ) sebesar 57,39. Sedangkan rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa
pada kelas eksperimen menggunakan ( media puzzle) sebesar 89,65. Jadi dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media puzzle terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA Kelas III SD
Muhammadiyah 18 Medan”.