Abstract:
Tujuan penelitian ini yaitu untuk : (1) Mengetahui bagaimana produk media
pembelajaran corong berhitung pada materi perkalian. (2) Mengetahui tingkat
kevalidan media. (3) Mengetahui tingkat kepraktisan media. Metode yang
dipergunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan atau
Reseacrh and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada
penelitian ini, yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu : (1)
tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap
pengembangan (development) dan (4) tahap penyebarluasan (dissemination) yang
diperkenalkan oleh Thiagarajan. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran
perkalian corong berhitung di sekolah dasar. Berdasarkan validasi terhadap media
pembelajaran rata-rata 95 % untuk ahli materi, 94% untuk ahli media, 98% untuk
ahli bahasa, artinya media pembelajaran kriteria sangat layak. Hasil kepraktisan
terhadap media pembelajaran untuk respon guru diperoleh 95% dan untuk respon
siswa diperoleh 94,8% artinya media pembelajaran kriteria sangat praktis.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran corong
berhitung telah dinyatakan sangat layak/valid dan sangat praktis